Paket Bantuan Medis dari China untuk Perangi Corona COVID-19 Tiba di Jakarta


Bantuan peralatan medis dari China untuk Indonesia guna memerangi Corona COVID-19 telah tiba di Jakarta pada Sabtu, 28 Maret 2020.

Paket bantuan medis ini diberangkatkan dari Shanghai pada 24 Maret lalu. Bantuan ini terdiri atas alat tes Corona COVID-19, masker N95, masker bedah, pakaian pelindung medis, ventilator portabel, dan lainnya.

Pasokan medis ini akan digunakan untuk pencegahan dan pengendalian wabah Corona COVID-19 di dalam Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), demikian keterangan pers yang dikutip dari laman chineseembassy.org, Sabtu (28/3/2020).

"Virus tidak memiliki belas kasihan, namun manusia mempunyainya," ujar Xiao Qian Duta Besar China untuk Indonesia.

"Sejak merebaknya wabah Corona COVID-19, pemerintah dan rakyat Indonesia telah memberikan bantuan dan dukungan yang tulus kepada pihak Tiongkok pada saat yang paling sulit. Kami selamanya mengingat dan menghargai persahabatan ini," tambahnya.

Xiao Qian juga prihatin atas penyebaran wabah yang terjadi di Indonesia. Ia mengatakan bahwa bantuan tersebut mereka berikan dengan segenap kemampuan China.

"Saat ini Indonesia sedang terkena wabah, pemerintah dan rakyat China memiliki perasaan yang sama dengan apa yang dialami rakyat Indonesia, sementara mengatasi kesulitan diri sendiri, memberikan bantuan dengan segenap kemampuannya," ujar Xiao Qian.

"Pemerintah daerah, perusahaan dan masyarakat Tiongkok juga dengan aktif menawarkan bermacam-macam bantuan alat medis melalui berbagai saluran untuk mendukung Indonesia melawan pendemi. Pihak Tiongkok juga mendukung dan memfasilitasi pembelian alat-alat medis oleh pemerintah dan perusahaan Indonesia di Tiongkok."

"Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga bersahabat senasib sepenanggungan."

"Kedua negara memiliki tradisi untuk saling membantu. Kami percaya bahwa melalui pengujian wabah ini, persahabatan antara kedua negara dan rakyatnya akan semakin erat. Rakyat Indonesia pasti dapat mengalahkan wabah ini di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo."

Posting Komentar

0 Komentar